Smoothie 7 Hari

6-stellar-protein-smoothie-recipes-6

Menurut saya, makanan adalah salah satu kesenangan hidup terbaik dan simple. Saya bukan orang yang akan makan makanan sehat selama tujuh hari seminggu, sebaliknya saya lebih percaya bahwa diet terbaik adalah makan makanan seimbang. Namun, belakangan saya mencoba sedapat mungkin membuat pilihan terbaik untuk makanan-makanan yang masuk ke tubuh.

Mengisi tubuh dengan makanan bernutrisi dan sehat diajarkan oleh seorang kawan. Ia banyak mengubah cara berpikir saya tentang makanan. Jangan salah, saya tetap akan makan makanan-makanan yang saya sukai, bukan langsung mengubah pola makan menjadi vegetarian sepertinya. Saya nggak bisa lepas dari camilan asin, susu kotakan, roti-roti lezat keluaran beberapa bakery terkenal di Jogja, dan ah saya suka sekali keju. Duh, memikirkannya saja bikin saya pingin ngemil potongan cheddar.

Balik lagi ke pola makan sehat yang diajarkan kawan itu. Meski tak seratus persen menirunya, saya mulai memperhatikan manfaat makanan yang membuat perubahan positif dalam mood dan perasaan saya. Sayuran adalah bahan makanan terakhir dalam daftar makanan favorit, padahal ajaran kawan itu mengharuskan sebaliknya.

Jadi, smoothies adalah satu-satunya negosiasi terbaik agar saya (dan juga keluarga) makan lebih banyak sayur. Berikut resep smoothies kesukaan serta mudah dibuat yang diberikan oleh kawan itu. Membantu banget buat yang phobia sayur kayak saya. Mungkin bisa dicoba juga.

Note: saya kasih nama dalam bahasa Inggris untuk setiap smoothies, biar keren aja sih 😀

SENIN – Boosting Green Smoothie

Saya nggak akan bohong, smoothie ini rasanya jauh dari enak, tapi ngebantu banget meningkatkan energi di pagi hari. Resepnya penuh sayuran hijau, bagus buat detox tubuh dan menggelontor semua sumbatan lemak dan racun dalam darah. Oat dalam resep smoothie ini membuat kenyang dan bikin kita siap menghadapi hari. Smoothie ini pas banget buat memenuhi kebutuhan tubuh akan sayur dalam sekali minum, makanya saya suka buat ini di hari Senin.

  • 4 sdm oats (saya pakai Quaker Oats kemasan merah)
  • 1 genggam sawi hijau
  • ½ buah lemon
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm selederi
  • 1 cangkir air matang (saya pakai air kelapa hijau)
  • 1/3 buah mentimun
  • 4 butir es batu

 

SELASA – Glowing Skin Smoothie

Sawi hijau itu sayuran paling enggak banget buat saya. Dimasak seperti apapun, di lidah saya, rasanya kayak makan rumput. Di luar rasa sebal akan sawi hijau, saya tahu persis ia masuk dalam daftar super food, sebab tinggi serat, zat bezi, antioksidan, dan beragam vitamin. Ditambah dengan blueberry (atau buah apa saja yang ada di kulkas), rasa “rumput’nya lumayan hilang, dan tubuh serta perut saya happy.

  • 1 cangkir air matang (atau air kelapa hijau)
  • 1 cangkir sawi hijau
  • 1 cangkir blueberry (atau buah apa saja)
  • ¼ buah jeruk
  • ½ sdt flaxseed (ada di toko makanan organik)
  • 4 butir kacang merah

 

RABU – Bananan Avocado Smoothie

Setiap kali disuruh makan makanan sehat, saya langsung kepikiran donat dan biksuit. Dalam benak saya, gaya hidup sehat itu adalah mengenai keseimbangan, jadi saya enggak akan menahan diri untuk makan makanan manis kesukaan saya. Tapi, sebisa mungkin, saya selalu coba menurunkan keinginan makan makanan manis dan menggantinya dengan makanan manis yang lebih sehat. Tanpa bahan-bahan artifisial tambahan. Smoothie dengan pisang dan alpukat ini memang enggak selezat donut bertabur kacang kenari favorit saya, tapi sudah pasti amat sehat dan nggak bikin saya merasa kayak lagi dihukum. Rasa manis dan tekstur creamy smoothie ini juga bikin puas lidah kok.

  • ¾ susu kedelai (atau susu tanpa lemak kalau tak suka susu kedelai)
  • 2 buah pisang ambon (atau cavendish)
  • ½ buah alpokat
  • 1 sdt gula jawa parut (bisa diganti gula diet)
  • 1 cangkir es batu

 

Avocado-Green-Smoothie-11

KAMIS – Peanut Butter & Banana Smoothie

Selai kacang itu snack favorit saya, makanya saya suka banget resep smoothie yang ini. Mirip dengan smoothie pisang-alpukat, rasa manisnya memuaskan dan tentu saja sehat. Gabungan oats dan pisang bikin kenyang sampai siang, dan air kelapa hijaunya bikin badan terhidrasi dengan baik. Dua sendok makan selai kacang cukup buat memenuhi kebutuhan protein, selain itu rasa kacangnya bikin rasa daun bayamnya menghilang.

  • 1 buah pisang
  • 4 sdm oats
  • 1 sdm susu bubuk (harusnya bubuk coklat, tapi saya nggak doyan coklat)
  • 2 sdm peanut butter
  • 1 genggam daun bayam
  • 1 cangkir air matang (atau air kelapa hijau)
  • 4 butir es batu

 

JUMAT – Very Berry Smoothie

Kalau belum pernah bikin smoothie, resep ini bagus banget buat dicoba sebab rasanya enak. Resep asli menggunakan buah berry, tapi bisa diganti buah apa saja kok. Smoothie ini manis, jadi saya enggak lagi kepikiran makan donat. Tambahan yogurt di dalamnya bikin smoothie ini kaya lemak sehat, serat dan probiotik. Antioksidan dari buah-buah berry menjaga kulit sehat, dan flaxseed-nya menurunkan kolesterol. Pokoknya smoothie ini enak banget.

  • 1 cangkir air matang (atau air kelapa hijau)
  • 1 cangkir daun bayam
  • 2 cangkir buah berry (atau buah apa saja)
  • ½ cangkir yogurt
  • 1 sdm kacang tanah sangrai (atau kacang apa saja)
  • 1 sdt flaxseed

 

berry-1

SABTU – Cucumber Smoothie

Sabtu malam biasanya kami sekeluarga makan di luar, entah pizza, burger, sop kaki kambing, apa saja. Nah, karena makan malamnya penuh lemak begitu, makanya smoothie mentimun ini pas banget buat nggelontor semua zat nggak bagus buat tubuh yang berasal dari makanan-makanan tadi. Belum lagi, air dalam mentimun bikin badan terhidrasi dan rasanya enak banget. Tambahin lemon, bukan saja supaya rasanya lebih segar, tapi air lemon juga bagus buat sistem pencernaan.

  • ¼ buah timun
  • 1 buah apel malang (atau apel jenis apa saja)
  • 1 cangkir sawi hijau
  • ½ buah lemon
  • 1 cangkir air matang (atau air kelapa hijau)
  • 4 butir es batu

 

MINGGU – Carrot, Ginger & Turmeric Smoothie

Sedapat mungkin, saya dan keluarga makan makanan sehat dari Senin sampai Jumat. Nah, di akhir minggu, seringnya kami kasih ‘treat’ pada diri sendiri – artinya bebas mau makan makanan favorit. Supaya perut nggak tersiksa, smoothie wortel, jahe, dan kunyit ini bagus banget buat menenangkan sistem pencernaan. Kunyit itu dikenal dengan zat anti radangnya, dan selain dibuat kunyit asam, saya suka masukkan bubuk kunyit ke dalam smoothie ini.

  • 1 buah pisang
  • 1 cangkir nanas
  • 1 ruas jahe
  • ¼ sdm bubuk kunyit (atau kunyit segar juga boleh)
  • 1 buah wortel
  • ½ buah lemon
  • 1 cangkir susu kedelai (boleh diganti susu apa saja)

 

Itu tadi, beberapa resep smoothie kesukaan saya. Kalau ada resep smoothie yang favorit buat kamu, bagi-bagi dong. Tulis di komen ya, biar bisa saya cobain. Makasih.

Leave a Reply

