LOVE OR SOMETHING LIKE IT!

When two people love each other, nothing is more imperative and delightful than giving.
Guy de Maupassant

Saya skeptis berat sama yg namanya cinta pd pandangan pertama. Mungkin krn saya blm pernah mengalaminya atau mungkin krn kalau ketemu seseorang saya lebih sibuk sama pikiran-pikiran saya — rambut udah oke belum ya? lipstik ketebalan gak? Aduh nih perut kok one pack gini? dll — sehingga saya melewati pandangan pertama itu. Atau mungkin krn sering prejudis sm org lain jadi pada pandangan pertama saya selalu langsung berpikir: Ih siapa sih nih orang? Hehe..gak ding!

Saya percaya proses jatuh cinta dipengaruhi tradisi, kebiasaan, standar, gagasan, dan deal kelompok dari mana kita berasal. Bohong besar deh kalau seseorang merasa boleh berbuat apa saja saat jatuh cinta, dan tidak bisa dimintai pertanggungjawaban kalau perbuatan-perbuatan impulsif itu berakibat buruk suatu hari nanti. Kehilangan perspektif bukan pertanda jatuh cinta, tapi sinyal kebodohan. Saya percaya cinta gak datang dari pandangan pertama sebab cinta membutuhkan proses. Cinta tumbuh dan berkembang dan merupakan emosi yang kompleks sehingga membutuhkan waktu. Cinta bukan panah yg ditembakkan Cupid dan juga tidak jatuh dari langit. Cinta datang hanya ketika dua individu telah berhasil melakukan orientasi ulang terhadap hidup dan memutuskan untuk memilih orang lain sebagai titik fokus baru.

Mungkin yg terjadi pd cinta pd pandangan pertama adalah timbulnya serangan perasaan saling tertarik yg kompulsif dan sangat kuat, yg lalu berkembang jadi cinta tanpa menempuh masa jeda. Dalam kasus itu, banyak orang tidak benar-benar mencintai pasangannya, melainkan jatuh cinta pada konsep cinta itu sendiri. Sebaliknya dengan orang yang benar-benar mencinta, mereka mencintai pasangan sebagai persolinatas yang utuh. Cinta tidak menguasai dan mengalah, tapi berbagi. Kalau seseorang berkeinginan menguasai kekasih atau melulu mengalah berarti dia belum siap memberi dan menerima cinta. Orang yang mencinta menganggap pasangan sebagai tempat untuk berbagi, juga untuk mengidentifikasi diri.

HAPPY VALENTINE’S DAY!

Leave a Reply

